Fungsi =COUNTIF. Bag. 2


Menjumlahkan Dengan Kriteria Tertentu 
Kalau anda bekerja dengan Excel atau aplikasi spreadsheet yang lainnnya, tentu rumus SUM adalah rumus yang hampir tiap hari kita pakai untuk menjumlahkan angka di range tertentu. Tetapi SUM memiliki keterbatasan, SUM hanya bisa menjumlahkan angka tanpa kriteria apapun. Jadi misalnya kalau kita ingin menjumlahkan angka hanya untuk tanggal 1 saja, tentu anda harus secara manual menjumlahkannya di range data tanggal 1. Tapi bagaimana kalau datanya belum ada? Karena kalau kita pakai rumus SUM secara manual, berarti datanya harus ada dulu, baru kita nanti jumlah tanggal 1 di range data tanggal 1, tanggal 2 di range tanggal dua. Dan tentu itu tidak efektif sama sekali.

Excel menyediakan rumus pendamping SUM yang sangat bagus jika penjumlahan anda memerlukan pengkondisian tertentu. Rumus itu adalah SUMIF. Contohnya jika anda ingin menjumlahkan penghasilan rumah makan anda per tanggal, dan inputnya dimasukan secara acak tentu itu menjadi tugas yang berat jika harus menjumlahkan satu persatu.

Penggunaan rumus SUMIF adalahSUMIF(range_cell_kriteria;nilai_kriteria;range_cell_yang_akan_dijumlahkan). Jadi jika data tanggal anda di range A3:A19 dan tanggal yang ingin di jumlahkan adalah 1 dan range data anda adalah B3:B19, maka rumus yang harus anda tulis adalah =SUMIF($A$3:$A$19;1;$B$3:$B$19).

Oya, buatlah range cell nya absolute dengan cara menekan tombol F4 waktu cursor anda di A3, A19, B3, B19 jika mengacu pada contoh diatas. Lalu karakter $ akan muncul. Dengan begitu range cell nya tidak akan berubah ketika anda ingin membuat rumus berikutnya untuk tanggal 2 dan selanjutnya.
Link Terkait
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong
Kosong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar