Teknik Dasar Main Catur

PENGANTAR
Saat ini olahraga catur telah mengalami perkembangan yang cukup pesat di seluruh dunia. Bila dulu atlet olahraga ini selalu didominasi  Rusia dan negara-negara Eropa Timur, namun sekarang sudah menyebar ke berbagai negara lain, hingga Amerika atau Asia.

Salah satu faktor  makin populernya permainan catur adalah ketika sebuah riset yang diadakan oleh UNESCO dan FIDE (organisasi catur seluruh dunia) menyimpulkan bila main catur itu sangat membantu untuk membentuk mental yang baik serta meningkatkan kwalitas kecerdasan manusia terutama anak dan remaja.

Tidak mengherankan bila ada negara yang memperkenalkan permainan catur ini kepada anak-anak sekolah dan memasukannya sebagai bagian dari pelajaran olahraga atau pembentukan kepribadian yang tangguh. Di Indonesia sendiri, juga makin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari teknik cara main catur.

Bahkan pernah ada anak Indonesia yang menjadi juara pada suatu kompetisi catur tingkat dunia dan mendapat gelar MF atau Master Fide. Kemudian ada Utut Adianto, atlet catur paling terkenal di di negeri ini yang pernah menjuarai kejuaraan catur tingkat Grandmaster.

MENGENAL BIDAK ATAU ANAK CATUR
Sebelum belajar bermain catur, kita perlu mengenal lebih dulu bidak atau anak catur dan cara memainkannya.

1. PION
Ketika melakukan aksi pertama kali, pion bisa maju dua langkah ke depan. Namun selanjutnya hanya boleh melakukan satu langkah ke depan lagi, tidak bleh ke samping atau mundur ke belakang.

2. BENTENG
Cara berjalannya hanya boleh lurus, baik ke arah depan, belakang atau samping dan jumlah langkahnya bebas, tidak dibatasi. Yang penting tidak menyerong.

3. KUDA
Jenis bidak ini tergolong istimewa. Karena dalam melangkah, dia harus selalu membentuk huruf “L”, namun diperbolehkan melangkahi bidak pion yang sewarna.

4. MENTERI
Cara berjalanannya harus selalu serong, dan boleh maju atau mundur. Jumlah langkahnya juga tidak dibatasi.

5. RATU
Cara bergeraknya bebas, boleh serong dan lurus. Mau ke depan atau belakang juga diperbolehkan. Selain itu jumlah langkahnya juga bebas, tidak ada batasnya. Ini memang merupakan bidak yang “paling merdeka”.

6. RAJA
Cara bergerakanya juga sama dengan ratu, namun jumlah langkahnya hanya satu-satu saja.

CARA MEMAINKAN CATUR
Cara main catur itu sebenarnya tidak serumit atau sesulit seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Yang terpenting adalah harus selalu mau menggunakan logika dan rajin berlatih. Karena permainan catur adalah jenis olahrga yang mengandalkan kecerdikan dalam berpikir dan mengatur strategi.

Catur itu adalah termasuk olahraga atau permainan yang tujuan utamanya adalah melakukan serangan pada raja di pihak lawan. Namun yang dimaksud dengan serangan di sini adalah tidak melakukan pukulan atau memakan raja.

Raja tidak boleh dimakan seperti anak buah catur yang lain. Raja hanya boleh di kepung, atau ditutup langkahnya, sehingga tidak mampu melakukan gerakan lagi. Bila ini terjadi, berarti raja sudah ditangkap dan pihak lawan dinyatakan sebagai pemenang.

Ketika pihak musuh melakukan serangkan kepada raja, selalu memakai istilah sekak. Dan ketika terkena sekak, maka pihak lawan harus bisa menangkisnya melalui beberapa strategi.

Pertama memakan buah catur pihak musuh yang melakukan sekak itu. Cara kedua bisa memindahkan posisi raja, sehingga gagal terkena sekak. Dan yang ketiga adalah menutup jalan, sehingga posisi sekak jadi terhalang oleh buah catur yang lain.

SUMBER

ARTIKEL LAINNYA KLIK ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar